Tugas Tiada Akhir

2 minggu sudah berlalu, yah 2 minggu yang lalu gue nerima tugas yang menurut gue gak menarik sama sekali..

Hampir setahun sudah gue jadi seoarang anak TKJ, sebuah jurusan yang menjunjung tinggi kedisplinan dan kedaulatan *setidaknya itulah yang terjadi di sekolah gue :v*.

setahun ini memang banyak keluh kesah yang gue dapet, tapi gak sedikit juga pengalaman dan ilmu yang bermanfaat gue dapet..

Kembali ke apa yang gue ungkapin diawal.. tugas yang gak menarik, tugas apa itu ??

itu adalah pembuatan animasi 3D dalam bab komunikasi visual.. memang secara pengertian, teori, sejarah dll gue cukup senengin.

Namun saat praktek entah kenapa nyawa gue, mood gue buat belajar hilang -_- parahnya lagi ini tugas jadi tugas akhir di tengah semester ini.. bahkan saat gue nulis ini artikel tugasnya belum selesai :V

Jujur saat gue nerima ini tugas ada waktu kosong selama seminggu sebelum akhirnya mid semester dimulai.

namun gue gak kepikiran buat ngerjain ini tugas..

bahkan aplikasi 3D(blender)nya pun gak pernah gue buka. Gak pernah… karena menurut gue, it’s so boring.. yeah.. akhirnya gue nekat di waktu yang kosong ini gue lebih mendalami ke bisnis dropshipper gue..

 

PENGERJAAN DIMULAI

Hari senin pun tiba (1 minggu yang lalu), saat mid semester dimulai.

Damn.. teman-teman gue udah banyak yang selesai dan mamerin hasilnya ke gue sebelum anak-anak yang lain masuk ke ruangan ujian masing-masing..

memang gue rasa keren si buat animasi kayak gitu.. tapi yah mood gue bandel banget, bawaannya males buat ngerjain ni tugas, karena gue sendiri pada dasarnya ga ada minat dengan materi ini..

Bukan karena gak suka gurunya, tapi gue ngerasa sial aja kenapa harus animasi 3D.. Karena ya hati gue emang pada dasarnya sudah gak peduli sama cara pembuatannya :v

2-3 hari selanjutnya gue mulai takut dan ngingat ancaman guru gue agar ini project bisa selesai setelah mid dilaksanakan.

Tapi gue hanya sebatas takut, takut aja. action buat ngerjainnya ga ada..

Ah.. ya begitulah, rasa takut itu hari demi hari menghantui(lebay mode)

Hari jum’at tepatnya gue dapat hidayah dan pencerahan dari allah swt(eaa)..

sebarapapun rasa malasmu dengan tugas dan materi yang diterima, itu adalah ilmu.. that’s right.. gue pun mulai insyaf dan mulai belajar menyukai dan mendalami ini materi untuk tugas akhir.. muehehe..

Karena hari jum’at gue ujiannya siang sesudah sholat jum’at. Gue pun punya kesempatan buat nanya-nanya teman gue yang kebetulan nongkrong diruang lab sebelum dan sesudah ujiannya selesai.

Pertanyaan demi pertanyaan gue lontarin sambil gue lanjutin project yang baru jadi seadanya, namun apa daya, 1 dari 3 ebook tutorial yang menggunakan Bahasa inggris tersebut gak habis-habis gue praktekin..

Sekali lagi gue sadar kemaampuan gue… gue nyerah hari itu dan berniat lanjutin besok 😀 oke malamnya pun gue lanjutin browsing-browsing gajelas ke forum-forum bule yang bertemakan internet marketing. gue Out the taufik lagi *baca: topic*

Sabtu pun tiba, ketakutan gue makin menjadi-jadi, gue bahkan sudah menerka-nerka gimana gue bakal di coret tinta merah dihari rabu sesudah ujian selesai.

Hari sabtu hasil blender gue pun sudah lumayan..Tutorial 1 ebook udah gue lahap habis. Prosesnya pun dari jam sesudah ujian sampai jam 9 malem dirumah. sebelum akhirnya tutup buku lalu lanjutin kerjaan rumah gue yang belum selesai -_-

Sesaat sebelum tidur gue merenung.. enggak pas rasanya gue mendalami ilmu internet ini kalau benturan sama tugas sekolah. Jadi gue harus mutusin, mana yang gue prioritaskan terlebih dahulu..

 

Prioritaskan TUGAS

wowday

Oke,dan akhirnya demi tugas ini, hari minggu kemaren gue full dirumah, sampai latihan bhayangkara gue terbengkalai. Tapi tak apa, gue mulai lagi ngelanjutin ini project dengan tahapan di ebook ke 2.. bermacam ekspresi mungkin sudah tercipta dimuka gue saat kerjain ini tugas :v jujur tahapan kedua ini adalah tahapan yang bener-bener panjaanngg….. Tahapan modeling.

Project gue adalah ngebuat animasi lokomotif tua yang berjalan mengitari sungai dan lembah *ehsalah-_-*. jadi gue harus detail ngerjain dan ngebuat bentuk yang sesuai.. karena gue juga manusia biasa gue pun perlu istirahat.. yah istirahat.. tapi nyatanya gue gak dapet istirahat sesudah itu :3 gue lupa, gue harus nyuci -_- damn….

Oke hari ini memang hari minggu yang berbeda.. dan jujur berada didepan laptop itu nguras energy banget walaupun gue udah makan berkali-kali hari itu.. dan bisa di tebak, saat gue masuk kamar, gravitasi dari Kasur gue narik dengan sangat kuatnya… dan tidurlah gue karena rasa lelah dan juga karena gue mesti ujian kesokan harinya..

 

Senin Pagi

Senin pagi, pagi yang sial -_- walaupun gue tidur cepat kemaren malem, nyatanya dipagi hari gue kesiangan!
aneh kan bisa kesiangan dipagi hari *udahlah*

Yah begitulah, efek terlalu lama nongkrong di depan laptop memang tak bisa dihindari, Energi kehidupan gue seakan-akan dikuras habis , seperti ‘Rai’ dalam weebt**ns yang gue baca.

hmm… memang berada terlalu lama depan Pc atau laptop itu banyak minusnya daripada plusnya.. jadi jangan sampai terjadi kepada kalian..

Senin pagi itupun pun gue alami dengan sangat keburu-buruan (?)

saat gue nyampai ruangan, waktu yang tersisa cuman 20 menit untuk mapel penjas.. tapi untung gue suka berbagai macam olahraga :v

yes yeah, karena materi yang keluar adalah materi yang memang pada dasarnya sudah sering dipraktekan sehingga gue udah sedikit hafal.

jadi alhasil semua soal terjawab tepat waktu. walau ada sedikit kengacoan dari jawaban gue dan intip punya teman dimeja sebelah *gue gak munafik kan-_-

Ah, selesai! Balik lagi ke masalah tugas tadi :v setelah keluar ruangan, gue dan anak-anak kelas gue pun mulai nongkrong lagi di lab(anak rajin :v)..

oke saat itu gue masih teguh dengan pendirian “prioritaskan tugas”. gue sampai jam 2 siang di lab buat ngerjain ini tugas/project.. dan ah, tahapan kedua belum juga selesai….

*kebayangkan luh gimana project/tugasnya??-_-*

oke, jam 2 siang kita sudah mulai bubar dan ninggalin lab dengan isinya (yaiyalah, masa mau dibawak pulang-_-)

sampai dirumah,, istirahat dulu… gak sampai tidur gue keingat kalau ada jadwal latihan adek-adek pramuka di smp gue dulu hari ini..

karena gue dan teman gue beserta si dia yang juga anak pramuka di titipkan amanat dari kakak pelatih buat ‘ngelatih’ adek-adek gue selama beliau kerja, yaudah gue berangkat dengan semangat..

dan inilah sebab utama kenapa cerita pada postingan “Jalan ke ESEMPE” bisa tertuang pada blog sederhana ini ^_^

oke lanjut masalah tugas yang gak pernah selesai.. sepulang gue ngelatih, gue ngelanjutin buat tuh tugas ?? sayang sekali-_- enggak! gue capek, sesudah sholat maghrib gue tepar dan bangun lagi sekitar jam 11 malam…

refresh otak sedikit, gue nonton tv cari acara yang seru dikit, yang menghibur gitu.. baru setelah 1 jam di dpn tv gue ngelanjutin itu tugass… ah emang tugas yang tiada akhir bagi gue penyiksaannya -_-

kerjakan, kerjakan.. dan sampai akhirnya gue sendiri ga sadar tidur jam berapa..

 

Jam Kosong

hari selanjutnya.. hari selasa.. wow wow dan wow, hari ini kelas gue bebas ujian karena materi mid yang tertulis di jadwal sebenarnya enggak berlaku bagi kita anak-anak TKJ, dan keputusannya pun, kelas kita bebas..
nah balek ketempat nongkrong biasa.. di lab ^_^ gue beserta teman gue yang lain ngelanjutin project ini..


*break dulu, capek*


Di lab tersebut ada beberapa teman gue yang memang sudah pro, jadi wajar gue nanya, tapi sayangnya kadang mereka sibuk dengan urusan mereka sendiri, sehingga gue yang gak tau apa-apa ini di kacangin :v sakit gak ? yah bisa dibayanginlah rasanya..

Di lab gue terus berusaha mengerjakan step by step dengan cepat, sampai lupa udah makan atau enggak, haus atau enggak -_-

Jam 12, lab sudah mulai sepi.. hanya ada beberapa orang yang masih tetap bertahan, ada yang download lah, ada yang ngegamelah, ada yang ngidollah.

dan yang paling buat gue terharu yaitu ada juga yang bernasib sama.. sama > tugasnya belum selesai.. wkwkw

oke gue dan mereka yang bernasib sama pun pasrah aja ngerjain :v

Step by step… kalimat demi kalimat dalam bahasa inggris tersebut gue coba olah dalam otak gue, gue pahami sampai akhirnya otak dan tubuh pun diambang batasnya.. dan, lab pun sepi tanpa adanya gue *pulang*

Oke dirumah seperti biasa karena ditambah gelombang panas yang melanda Indonesia gue pun memutuskan untuk tidur.. :p

Saking capeknya, jam 9 malam gue baru bangun sob, disitu gue masih lemes kayak baru kecopetan -_- gue ambil waktu sebentar, gue cuman ngerjain tugas rumahan gue yang numpuk-_-

sesudah ngunci pintu rumah, gue pun kembali tidur tanpa nyentuh tuh tugas/project akhir. Karena tahapan kedua udah selesai gue ngerasa gue mau ngisi tenaga dulu dan ngerjain besok.

 

Horror

Dan jengjeng.. hari ini pun datang, paginya memang agak suram menurut gue. Eh bukan hanya paginya, hawanya juga horror.. muka gue jadinya malah ikut-ikutan suram-_-

bagaimana tidak, beban tugas akhir dan ketakutan tersebut buat gue makin berat.. karena hari ini tugas atau project harus di presentasikan dan dikumpulin…

gue sebenarnya punya pilihan buat enggak masuk sekolah hari ini, tapi karena percuma ngehindar hanya karena satu tugas, jadi gue mutusin “Sekolah Ajadeh…”

Sampai sekolah sedikit renggang.. gue masih ngelanjutin tuh tugas sambil sedikit-sedikit ngoprek web yang berujung error..

dan jreng jreng… akhirnya guru gue datang. Guru muda yang memang tegas disetiap jam pelajarannya, disiplin dan berani *ehh*..

Seperti dugaan gue sebelumnya, jam pelajaran pun dimulai dan waktunya presentasi… hari ini full presentasi, karena pak guru sudah menduga bahwa hari ini mapel yang lain gak ada yang masuk karena baru selesai mid..

 

Detik-Detik Terakhir

gilak disini jantung gue mau copot.. peluang gue dipanggil walaupun absennya agak belakangan malah terbuka lebih lebar..project gue belum selesai, dan ga bakal ada lagi presentasi lanjutan/susulan-______-

 


*break nulis, maghrib* Ah, notif fb gue dari tadi muncul terus, isinya pasti para mastah group-group publisher yang lagi showoff :v *lupakan


Oke, gue mencoba untuk tenang dan focus nyelesaiin ntu project saat pak guru sedang menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi nanti..

Huuuuuh..kali ini penentuan urutan presentasinya agak unik, bukan dari absen satu lagi, tapi kayak ibu-ibu arisan, yah penentuannya diputuskan melalui kertas yang jatuh atau apalah :v gue gak bisa deskripsikan, yang pasti kayak emakluh lagi arisan dah 🙂

Dari 37 siswa yang hadir, gue dapet nomor urut 11. Artinya gue gelombang ketiga.. karena system presentasinya dibagi 5 orang pergelombang..

gue nomor urut 11 dan gue baru sampai tahap animating awal.. lhaa, makin panik, gue lompat-lompatin tuh tutorial, yang penting, lokomotif gue bisa jalan dan di render walau rodanya gak ikut gerak, haha..

disitu gue berjuang keras.. bagian mana yang penting dan gak penting..

Diotak gue isinya cuman ngolah bahan dari ebook yang tersedia, dengan sedikit dorongan dari teman yang nyuruh gue untuk tenang, hati gue yang panik bisa mulai tenang… dan set set.. :v selesai..

walaupun hasilnya gak sesuai harapan.. ada banyak kesalahan, pengaturan camera, lighthing dan sebagainya masih sangat sederhana.

Tapi gue sedikit lebih tenang dengaan hasil ini tadinya.. sebelum gue tau gue salah ngerender -_- dimana hasil renderan harus berupa video/rekaman pergerakan lokomotif, malah jadinya ke png dengan ratusan potongan gambar-_-

Dan sialnya lagi, pas gue baru sadar gue salah, gelombang/kloter gue sudah di persilahkan masuk… -_-

Di dalam ruangan begitu tegang.. ternyata, kloter gue ada penambahan muridnya dengan alasan, biar cepet selesai..

gue sedikit bersyukur dalam ruangan tersebut, karena bisa dibilang diantara teman sekloter gue projectnya ke 2 paling jauh :v jadi gue gak panik-panik amat seperti tadi.. yang diomelin ya otomatis merekelah :v

Tiada Akhir

oke , prosesnya begitu panjang diruangan tersebut, mulai dari Tanya jawab, pengujian skillnya, dll..

yang buat gue yah sedikit berbanglah ngeflay gitu, walau akhirnya gue dapet tugas lagi buat benerin nilai animasi gue karena roda lokomotif gue gak gerak 😀

*tuhkan gurunya baek* hehehe.. ketegangan hari ini ternyata tidak seperti yang gue bayangin sebelumnya…

dan yah, tugas gue dirumah kali ini ngerender ulang, perbaiki yang tadi, dan ngebuat desain 3D lagi untuk memperbaiki nilai animasi yang sedikit cacat dan gue sempetin juga buat menulis cerita ini -_-

hmm.. sudah selesai ?? haha, kalau menurut gue belum sob, malam gue masih panjang hari ini…

karena tu logo harus gue kerjain malam ini dan di kumpulin besok.. jadi gak salah gue naruh judul “Tugas Tiada Akhir” di cerita gue hari ini :d haha… sudah gue gak minat-_- ga selesai-selesai lagi tugasnya… -_-

hmm.. okedeh begitulah ceritanya.. wkwk maaf jikalau kepanjangan… baca saja.. budaya membaca itu baik sob.. wkwkw

jadi apa kira-kira nilai moral yang kalian dapat dari tulisan panjang ini ?? kalau menurut gue sendiri si nilai moral atau pelajaran yang kalian dapet ya…

  • a. Pertama, jangan lupa sholat :v
  • b. Jangan Kelamaan depan Pc / Laptop :v
  • c. Jangan terlalu menganggap tugas sebagai beban, anggaplah sebagai kebutuhan 😉
  • d. Jangan buruk sangka kayak gue
  • e. Dan jangan nulis panjang-panjang gini kalau masih ada tugas,, wkwkwss

Haha oke sekian cerita dan pembelajaran/manfaat ngaco dari tulisan panjang ga jelas ini.. semoga bermanfaat sesuai kata gue diatas.. and see you to the next story… huhuhuhuh…….

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *