
Bismillah..
Oke tulisan kedua mengenai sunday project yang saya dokumentasikan pertama di tahun ini.
Setelah kemarin di post kicks-offs sudah ceritakan perjalanannya selama 3 pekan, sekarang saya mau bahas 2 pekan setelahnya sampai artikel ini di publish.
Sebelum saya bahas dari sisi iklan (karena kemarin lebih banyak bahas iklan dari produk penetrasi), saya mau bahas dulu dari sisi bisnis.
Di sisi ini ada “penundaan” yang saya lakukan. Kebiasaan perfeksionis sehingga menghambat rencana awal project ini. Ya saya menunda untuk mulai penjual produk profit makernya. Selama 2 pekan.
Bukan karena hal teknis produknya, tapi karena kelelahan yang saya alami yang disebabkan overthinking ketemu pemain lain yang model bisnis dan funnelnya agak mirip. Dan mereka baru mulai juga untuk fokus di market yang sama.
Tapi setelah merenung banyak dan ketemu guru-guru untuk ngopi bareng.
Jadi muncul solusinya “Lah kenapa saya malah minder? memangnya pasarnya sekecil itu sampai gabisa diisi puluhan / ratusan pemain?” saya akhirnya tersadar, saya ini terlalu fokus ke kompetitor, lah jualan sendiri jadi terhambat
Yowess jadi kesimpulannya, saya melakukan taubat atas pikiran negatif dan ketidak percayaan diri selama 2 pekan ke belakang.
Dan akan saya mulai jalankan profit maker di pekan selanjutnya. Terlepas dari semua ketidaksempurnaannya, yang penting COBA DULU.
Oke selanjutnya dari sisi iklan. Sebenarnya tidak ada yang terganggu, bahkan hasilnya naik 100% lipat dari postingan saya sebelumnya. Hanya saja saya sudah mulai bosan untuk lihat dashboard wkwkwk + ditambah pikiran tidak produktif tadi.
Dashboard iklan penting, tapi saya akan memilih untuk segera mendelagasikannya (soon di pekan-pekan selanjutnya, InsyaAllah). Karena ada banyak dashboard lain yang harus saya perhatikan sebagai seorang (yang ingin) pebisnis sejati.
Oke, mari kita bedah iklan saja, karena memang fokus project ini pakai iklan dulu sebagai aktivitas pembukanya.
Karena di pekan ke 3 saya sudah jalankan produk penetrasi baru (total 2 produk yang jalan) dengan di fase testing. Di pekan ini saya coba scale up budgetnya.
Setelah coba up budget di pekan ini. Ternyata produk penetrasi kedua ini enggak works, karena sedang ada perubahan peraturan (uppss sedikit ke spill nih clue nichenya) dan masih simpang siur kejelasannya sehingga angle yang di bidik enggak relevan lagi sebagian.
Ini hasil iklannya:
Iklan 4# Tgl 9 Februari – 15 Februari
*Completed Orders + Confirmed Orders di produk digital = sudah terbayar. Pekan ini dan selanjutnya tidak langsung di mark completed karena completednya nanti mau dipakai trigger pesan otomatis tertentu (Upselling/Join komunitas) oleh bagian CRM.
Disini ada lonjakan signifikan dari sisi leads. Iklan saya lagi murah-murahnya. dan semoga akan terus winning sampai beberapa bulan kedepan. Agar goals akuisisinya terus bisa berjalan dan bertumbuh berkali-kali lipat.
Iklan 4# Tgl 16 Februari – 22 Februari
Oke, bagian ini saya agak kurang bersemangat. Karena inner game saya melemah walau hasilnya bagus dan meningkat (Alhamdulillah) namun saya sedikit mengalami kelelahan mental akibat urusan personal (istri mau persalinan anak kedua) dan project ini terlalu menyedot atensi saya dari bisnis utama.
Sekarang kondisinya saya sudah rekrut 1 CS. Pekan-pekan berikutnya akan saya lengkapi untuk merekrut Project Manager yang khusus menanagani project ini. Semoga ketemu jodoh yang tepat.
See you..