Menjadi Singa – Sang Pemimpin Hutan

Semua orang ingin menjadi SINGA di kelompoknya, semua orang ingin menjadi pemimpin dan memimpin.

Dengan menjadi pemimpin, Anda menjadi pemeran yang sangat penting untuk kemajuan dan kesuksesan sebuah kelompok.

Contoh lainnya seperti seorang nahkoda. Ingatlah, bukan penumpang yang mengendalikan kapal di lautan saat berlayar. Penumpang bisa saja tau kemana rutenya, namun benar tidaknya rute yang diambil, bahaya atau amannya jalur tsb, cepat atau lambatnya durasi perjalanan, Nahkoda lah yang mengendalikannya.

Pemimpin adalah orang yang mawakili semua anggotanya. Ada berbagai kriteria pemimpin yang menjadi point penting bagi semua orang, ia harus keren, jujur, tenang, pendengar yang baik dan segalanya.

Jika seseorang hanya melemparkan ide dan perintah kepada anggotanya, ia tidak bisa disebut seorang pemimpin sejati.

Pemimpin yang ideal tidak akan melupakan bahwa ia juga anggota tim, ia menyadari betul bahwa yang membedakan antara ia dan anggota yang lain hanya dari level tanggung jawab. Dan tugasnya adalah mengelola tanggung jawab tersebut untuk kebaikan semua anggota, dimana ia juga ada didalamnya. Bukan malah mengambil keuntungan pribadi atau golongan kekuasaan saja.

Ia adalah manager kelompok.

Sekarang bayangkan jika Anda adalah seorang Pemimpin tersebut.

Untuk memanage atau mengelola kelompok dengan baik, Anda harus bisa mengambil pandangan dari setiap anggota, Anda menggabungkan semuanya, lalu membuat keputusan akhir atas dasar pertimbangan dan langkah Anda yang berorientasi kebaikan/kemajuan untuk semua.

Setiap kali masalah muncul, Andalah yang harus tenang terlebih dahulu.

Anda juga harus mendistribusikan beban pekerjaan ke berbagai orang secara tepat dan tidak asal. Pemimpin yang baik mengenal anggotanya dengan cukup baik. Jadi bagikan setiap pekerjaan untuk orang yang pantas.

Misalnya: Jika Anda ingin membuat iklan, maka serahkan kepada orang yang pandai menulis & mendesain konten, bukan ke orang dibagian akuntan.

Catatan terakhir saya. Disaat menjalankan kelompok, kegagalan dan keberhasilan itu tentu akan mendekati. Sukses atau tidaknya suatu kelompok di tentukan juga oleh berbagai faktor. Jadi saat kelompok Anda berada pada posisi sukses, Anda harus sadari betul bahwa Seorang pemimpin tidak meraih kesuksesan sendirian.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, anggaplah diri Anda sebagai pohon dan anggota Anda sebagai cabangnya.

Jika Anda tumbuh, demikian pula cabangnya. Ketika Anda jatuh, cabangnya juga akan ikut jatuh.

Tanpa cabang, Anda tidak berharga!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *