Bagaimana Menjadi Disiplin?

Salah satu faktor dari kesuksesan adalah kemampuan untuk mendisiplinkan diri. Terlepas dari sudut mana sukses tersebut akan dicapai, baik itu dalam kehidupan finansial, profesional atau target pribadi.

Tidak mungkin untuk membuat kemajuan tanpa disiplin diri. Disiplin diri adalah unsur kunci untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Hal ini membuat kita mampu mengendalikan kelebihan, keinginan, emosi, dan kebiasaan.

Disiplin diri bukanlah tentang penyangkalan diri atau menyangkal diri sendiri, ini tentang memastikan segala sesuatu diarahkan pada tujuan yang ditetapkan dan dilakukan secara tepat.

Kali ini saya akan sharing tips cara melatih disiplin diri. Silahkan disimak.

1.Latih Mental Untuk Fokus dan Rencanakan Eksekusinya
Disiplin tidak mudah untuk dikuasai dan membutuhkan banyak kerja keras dan fokus, untuk itu latih-lah fokus terlebih dahulu.

Dengan fokus atau konsentrasi, kita lebih mampu memberikan jawaban atas pertanyaan seperti apa arti kesuksesan bagi diri kita sendiri, mengapa kita ingin mencapai tujuan tertentu, siapa kitasebenarnya dan ke mana kita menuju. Gunakan metode ini untuk melacak apa yang sedang kita lakukan dan seharusnya kita lakukan.

Kita memiliki hal-hal yang kita perjuangkan dan target yang kita miliki dalam pikiran kita. Untuk mencapai target ini, ada kebutuhan untuk memiliki rencana pelaksanaan yang tepat.

2.Pantang Menyerah dan Memaafkan Diri Sendiri
Jalur untuk mencapai disiplin diri bukanlah proses yang mudah diikuti karena kita dipaksa untuk membentuk cara berpikir baru yang menantang. Dalam proses tersebut, kita semua akan mengalami pasang surut, kesuksesan kecil yang baik dan kegagalan.

Hidup kita sama seperti dengan kendaraan yang sedang bergerak di jalan sehingga akan ada saat-saat ketika kita akan menikmati kelancaran jalan sementara akan ada saat-saat ketika kita harus melewati jalan yang rusak hingga penuh kemacetan.

Demikian pula, kemunduran tidak dimaksudkan untuk menghentikan kita dan memaksa kita untuk menyera. Sebaliknya, kemunduran atau kegagalan tersebut dimaksudkan untuk diakui. Memaafkan diri sendiri dan melanjutkan proses dengan semangat positif.

3.Jangan Biarkan Suasana Hati Anda Memengaruhi Pekerjaan
Kita semua memiliki kecenderungan untuk bekerja secara efektif ketika kita merasa baik.

Disiplin diri kadang-kadang bisa melelahkan dan menyebabkan kita mengulang pekerjaan kita untuk mengoptimalkan output. Hal ini melibatkan pikiran sadar untuk tidak membiarkan emosi positif dan negatif memainkan peran apa pun dalam proses pengambilan keputusan.

4.Punya rencana B
Ada lebih dari satu cara untuk mencapai suatu tujuan. Seperti pergi keluar dan mencari rute alternatif ketika kita menemukan jalanan utama tertutup.

Hal ini membuktikan bahwa keputusan hidup kita pun harus memiliki rencana cadangan. Harus ada rencana untuk mundur jika yang utama gagal.

Memiliki rencana B adalah sebuah hal yang menguntungkan karena memberikan kita kesempatan untuk melawan ketika kehidupan melempar bola guna menghancurkan rencana yang telah kita susun dengan baik.


Tugas untuk membantu pengembangan disiplin diri:

  1. Fokus pada tujuan Anda dalam hidup, pikirkan bagaimana mencapainya, dapatkan apa yang Anda butuhkan dan kemudian lakukanlah.
  2. Renungkan, olahraga, dan makan setiap hari.
  3. Analisa kemajuan yang Anda buat sehubungan dengan poin yang dicatat pada awalnya. 
  4. Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah manajemen waktu. Prioritaskan pekerjaan Anda dan alokasikan waktu dan tandai apakah pekerjaan tersebut “mendesak” atau “tidak mendesak”.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Hadiahi diri Anda sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda atau untuk mencapai tujuan.

Sekian tips “Bagaimana Menjadi Disiplin?” dari saya kali ini. Silahkan share linknya jika bermanfaat.

Salam senyum untuk Anda. 🙂

You May Also Like

About the Author: Irvan Maulana

Seorang pemula yang bermimpi sampai diatas bersama orang-orang disekitarnya. Termasuk Anda yang membaca :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *