Apa Perbedaan Antara Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning?

Teknologi hadir dengan gagasan inovasi baru setiap saat.

Kecerdesan Buatan atau Artificial Intelligence sudah mulai di kembangkan banyak orang.  Teknologi robotika modern ini tentu akan berdampak dalam kehidupan manusia, baik pribadi hingga bisnis profesional.

Saat ini kita sudah dapat berasumsi bahwa kecerdasaan buatan disatu sisi dirasa sangat bermanfaat untuk memanjakan hidup manusia.

“Biarlah robot yang belajar, kita tinggal tunggu hasilnya”.

Akan tetapi, betulkah kata tersebut menggambarkan Artificial Intelligence/Kecerdesan buatan secara tepat ? lalu bagaimana dengan istilah Machine Learning dan Deep Learning ? Apakah ada perbedaan ?

Banyaknya istilah ini tentu akan menimbulkan kebingungan.

Baik, Yang penting bagi Anda sekarang adalah mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan dari istilah/penyebutan ketiganya. Maka dari itu saya akan membahas apa perbedaan mendasar dari ketiganya. Silahkan disimak.

 

Apa Perbedaan Artifial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning ?

Machine Learning (ML), Deep Learning, Artificial Intelligence (AI) memang memiliki keterkaitan, Istilah ini didasarkan pada pengolahan data dalam jumlah besar atau Big Data. Yang berbeda ialah tingkat kerumitannya yang tidak sebanding.

Umumnya, Artifial Intelligence adalah teknologi yang paling dasar dari ketiganya. Teknologi ini merespon hal yang sama dengan parameter yang sama.

Lalu AI di tingkatkan menjadi Machine Learning yang mampu belajar sendiri dan memperbaiki kesalahan.

Kemudian naik ke tingkatan yang paling kompleks dari ketiganya, Yaitu Deep Learning yang mampu membuat keputusan berdasarkan data yang ada.

Perbedaan dari cara kerja

Baik, untuk memahami istilah ini lebih baik, saya akan memberikan Anda contoh.

Bayangkan saja Anda ingin mengidentifikasi sebuah merk dan jenis kendaraan di jalanan.

Sekarang Anda memiliki gambar dan suara dari ratusan mobil lalu disisi lain juga memiliki database bentuk, karakteristik teknis dan suara mesin dari ribuan mobil di dunia.

Sampai disini sistem Artifial Intelligence atau Kecerdasan Buatan akan mengidentifikasi mobil-mobil dari gambar dengan perkiraan AI tersebut terhadap data yang di kumpulkan, namun hasil tersebut tidak akan selalu akurat karena ada banyaknya mobil dengan karakteristik yang kemungkinan sangat mirip.

Lalu bedanya, sistem dengan Machine Learning dapat mempelajari data dan mengklasifikasikan kendaraan lebih akurat karena ia dapat terus belajar dan memperbaiki berbagai kesalahan.

Lebih dalam lagi dengan Deep Learning, yang dapat melatih sistem dengan data yang lebih baru sehingga dapat menguji sistem pada tingkatan setara Machine Learning tadi dan terus menambah jumlahnya dengan menambahkan berbagai kemungkinan yang terjadi. Sehingga meningkatkan ke akuratan datanya.

 

Dan sebagai informasi tambahan untuk Anda, raksasa teknologi seperti Google sudah menggunakan Deep Learning dalam algoritma pengenalan gambarnya, bahkan Netflix dan Amazon juga menggunakannya untuk memperikarakan pola, karakter dan ketertarikan penggunanya.

Lalu adapun peneliti di MIT (Massachusetts Institute of Technology) menggunakan Deep Learning untuk memprediksi masa depan.

 

Deep Learning menggunakan dasar-dasar AI (Kecerdasan Buatan) dan berfokus pada penyelesaian masalah dunia nyata, sistem ini meniru jaringan saraf dalam dan cara otak kita mengambil keputusan.

Deep Learning menggunakan data yang ia tahu untuk membuat keputusan dari data baru yang ia terima. dan inilah yang dikatakan teknologi yang paling mirip dengan fungsi otak manusia.

Sistem ini adalah konstruksi logis yang dihasilkan dari serangkaian pertanyaan biner (benar atau salah, ya atau tidak) dari nilai numerik diekstraksi; setiap kali menggabungkan data baru yang berkaitan, Deep Learning mentransfernya ke bagian saraf  dan mengklasifikasikannya berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu.

Klasifikasi ini hanya memungkinkan Anda untuk memproses sejumlah besar data.

Tetapi pada saat yang sama, saya juga menginformasikan bahwa sistem ini juga sangat kompleks meskipun ia tampak dengan menarik dan sederhana. Seperti mengenali orang di foto.

 

Dimana Saja Deep Learning di Terapkan ?

  • Mobil otonom: Kendaraan ini menggunakan Deep Learning yang memungkinkan mereka untuk tahu di mana mereka bepergian. Dan tidak hanya itu, bahkan sistem Deep Learning juga membantu Mobil otonom mengenali hambatan yang ada di depan.
  • Analisis dan pembuatan laporan: Sistem dengan pembelajaran otomatis dapat menganalisis data dan menceritakannya dengan bahasa alami, mirip dengan manusia, menyertainya dengan infografis dan elemen grafis lain yang membuatnya lebih jelas.
  • Memprediksi hasil persidangan: Mungkin terdengar sangat aneh. Tetapi memang benar, karena baru-baru ini sekelompok penyelidik Inggris dan Amerika telah mengembangkan sistem yang mampu memprediksi dengan benar keputusan pengadilan, berdasarkan pada fakta dan bukti yang disajikan.
  • dan sebagainya…

 

 

Jadi, apa pendapat Anda tentang ini?

Silahkan tuangkan semua pandangan dan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini.

Dan jika Anda menyukai artikel penjelasan dari “Apa Perbedaan Antara Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning?” ini maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman dan keluarga Anda.

Sekian dari saya. Terimakasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *